top of page

Kenali Jenis Berlian Asli Sebelum Membelinya


Mengenal jenis berlian tentu perlu pengetahuan yang lebih untuk melakukannya. Hal itu dikarenakan berlian dapat ditemukan di pelosok bumi karena termasuk barang tambang yang hanya bisa diambil dengan digali di kedalaman tertentu. Tidak dapat diambil dengan tangan telanjang, sehingga membutuhkan alat atau mesin khusus, seperti bor. Perlu Anda ketahui bahwa diamond atau sering disebut berlian atau intan merupakan batuan mulia yang berbentuk kristal. Berlian terbentuk dari karbon dan substansi alami yang menjadikannya super keras. Buktinya, berlian asli dapat menggores, bahkan memotong kaca dengan ketebalan tertentu. Selain populer sebagai batuan yang sangat keras, tetapi juga tingkat kecemerlangan atau biasnya begitu tinggi. Dengan demikian, berlian akan memancarkan kilauan yang menyilaukan mata.

Dengan semua ciri fisik yang ada, tidak heran jika jenis berlian begitu banyak. Namun demikian, Anda pun bisa mengenali dari salah satu ciri fisiknya yang sangat ketara, yaitu warnanya. Memang benar, warna berlian terbagi atas beberapa macam.

Apa saja warna berlian yang ada di dunia?

Anda mungkin sudah pernah melihat warna berlian putih bening. Warna berlian tersebut memang yang paling populer. Padahal kenyataannya, warna berlian kuning (champagne) dan cokelat (cognac) merupakan yang paling umum di dunia. Namun, kedua warna tersebut memang kurang populer dan terekspos oleh berbagai media, sehingga tidak banyak orang mengenalnya. Sementara itu, masih ada beberapa warna lain berlian yang masuk kategori langka. Misalnya, berlian berwarna biru, merah, merah muda, jingga, hijau, dan hitam.

Khususnya berlian berwarna merah masuk kategori terlangka di dunia. Hal itu disebabkan warna merah pada berlian tersebut bukan dari kandungan atau jejak bahan kimia tertentu. Namun, warna merah dari ‘cacat’ pada sisi kristal berliannya. Dengan begitu, warnanya terlihat begitu anggun dan mempesona. Misal, ada seseorang yang memiliki jenis berlian langka seperti itu, dipastikan tak ternilai harganya. Jika pun bisa ditaksir atau diperhitungkan harganya tentu saja sangat mahal. Biasanya, berlian langka semacam itu lebih tepat untuk dimasukkan ke dalam museum, sehingga dapat dilihat dan diperhatikan banyak orang dari seluruh dunia.

Dengan memperhatikan ciri fisiknya, Anda pun bisa mengenali jenis berlian yang asli atau tidak. Sudah pasti Anda sekalian ingin membeli dan memiliki berlian asli. Meskipun harganya begitu mahal, tetapi sangat bisa memuaskan diri. Terutama Anda yang ingin mengkoleksi berbagai berlian asli untuk kepuasan diri sendiri, dijadikan perhiasan mahal, sebagai barang investasi yang prospektif di masa depan, atau alasan yang lainnya. Terlebih Anda yang mengaku sebagai orang kaya berduit, kaum borjuis, sosialita, atau apapun sebutannya. Begitu ingin memiliki berlian asli yang harganya mahal sebagai salah satu pembuktian bahwa dirinya memang orang berkelas.

Cara mengenali jenis berlian asli yang mudah

Sudah sedikit dijabarkan di atas bahwa berlian asli sangat keras sifatnya. Anda pun bisa membuktikan sendiri dengan menggoreskannya di kaca. Selain itu, berat jenis batuan berlian lebih kecil dari jenis batuan lainnya. Anda bisa membuktikannya dengan memasukkannya ke dalam air. Jika terapung, maka berlian tersebut memang terbukti asli. Itulah kedua cara membuktikan bahwa berlian yang Anda beli dan miliki memang asli.

Silakan dipraktikkan sendiri, siapa tahu Anda di kemudian hari ingin membeli batu atau perhiasan berlian di sebuah toko perhiasan, atau ingin memiliki cincin berlian. Semoga sedikit tulisan mengenai jenis berlian ini bermanfaat untuk Anda sekalian sekaligus menambah pengetahuan dan wawasan.

Recent Posts
bottom of page