top of page

Apa yang Menarik dari Berlian Kuning sebagai Perhiasan Mewah?

Apa itu berlian kuning? Anda yang masih awam di bidang perhiasan mahal sudah seharusnya mengetahui informasi yang satu ini.

 

Hal itu dikarenakan perhiasan mahal, mewah, serta berkilauan menjadi barang yang banyak dicari oleh orang atau pihak tertentu. Tentu saja mereka mempunyai tujuan tertentu dalam memiliki dan memakai perhiasan mahal, seperti berlian. Mulai dari menyimpannya saja, memakainya, berpenampilan glamour, dan lain sebagainya. Bukan sekedar berlian berkualitas abal-abal yang ternyata terbuat dari bahan kaca yang mudah pecah. Namun, batu berlian yang benar-benar berkualitas terbaik. Berlian semacam itu sudah pasti harganya mahal dan sangat tepat menjadi perhiasan para borjuis maupun sosialita.

Nah, berlian pun juga bisa dibedakan menjadi beberapa macam lagi yang dilihat dari warnanya. Anda mungkin baru pernah melihat berlian berwarna putih bening berkilauan saja. Namun ternyata, berlian ada yang berwarna kuning berkilauan. Anda yang melihat berlian kuning seperti itu pasti akan terkesima dan takjub.

Apa yang perlu diketahui dari berlian kuning?

Warna bening berkilauan tersebut hanya satu dari sekian banyak warna yang dimiliki oleh berlian. Sementara itu, diketahui ada tiga warna berlian asli yang langka di bumi, yaitu pink (merah muda), kuning, dan biru. Memang tidak umum berlian memiliki salah satu dari ketiga warna tersebut sekarang. Oleh karena itulah, ketiga warna berlian itu sangat langka, terutama berlian kuning.

Refleksi atau pencerminan berlian asli tidak jelas. Itulah yang perlu Anda ketahui berikutnya mengenai berlian kuning. Ciri berlian yang satu ini dapat Anda buktikan sendiri. Sebagai contoh, Anda menaruh berlian di atas sebuah buku dengan banyak tulisan. Jika refleksi kata-kata dari buku itu tidak jelas saat dilihat dari berlian, sangat mungkin perhiasan mahal itu asli. Namun jika sebaliknya, refleksinya sangat jelas hingga Anda dapat membaca kata-kata yang dipantulkan. Tidak menutup kemungkinan berlian tersebut palsu karena terbuat dari kaca yang dapat merefleksikan sempurna.

Sementara itu, berlian asli tidak akan berkabut dan selalu berwarna kemilauan. Cara pembuktiannya sebagai berikut. Coba hembuskan napas pada berlian tersebut. Jika kabut segera menghilang dengan cepat, sudah pasti berlian itu asli. Namun jika kabut menghilang cukup lama, bahkan hingga digosok-gosok dengan tangan. Sepertinya, berlian yang Anda pegang terbuat dari kaca alias abal-abal. Oleh karena itu, jangan pernah membelinya.

Berlian kuning asli dapat menghilangkan panas dengan cepat, meskipun cukup lama dipanaskan. Berbeda dengan berlian palsu yang tidak tahan panas, bahkan pecah hingga meleleh. Silakan coba Anda buktikan sendiri di rumah. Namun demikian, sebaiknya Anda harus berhati-hati dan jangan sampai memanaskan dengan suhu cukup tinggi.

Membuktikan asli tidaknya berlian kuning dengan mudah

Inilah cara membuktikan mana perhiasan berlian asli dan palsu pada umunya dengan cara mudah. Anda cukup memasukkannya ke dalam wadah berisi air tanah atau ledeng. Jika berlian tersebut mengapung berarti asli. Namun jika tenggelam, berarti berlian itu palsu. Hal itu dikarenakan berlian asli memiliki massa jenis kecil, dibanding batuan perhiasan lainnya. Anda pun jangan sampai terkecoh dengan trik penjual curang yang bisa menipu Anda. Penjual tersebut dapat mencampurkan beberapa berlian, lalu dimasukkan ke dalam air. Untuk lebih memastikannya lagi, silakan untuk memasukkannya satu per satu di dalam air.

Berlian kuning yang original atau asli akan mengapung di permukaan air. Bahkan, kilauan warnanya yang kuning begitu bagus dan cantik saat Anda lihat, apalagi jika saat di air terkena cahaya.

Recent Posts
bottom of page