top of page

Sudah Tahu 10 Perhiasan Berlian Paling Besar Di Dunia Ini?


Sampai kapanpun sepertinnya perhiasan berlian akan selalu menjadi primadona, hal ini bisa kita lihat dari minat pengkoleksi perhiasan yang tidak pernah ada surutnya. Meskipun harganya tidak murah, namun hal ini tidak membuat peminat perhiasan berlian memiliki nyali ciut.

Bahkan beberapa orang justru teratrik dengan berlian yang sangat esklusif ini. Selain untuk menopang penampilan yang menawan, pembelian perhiasan berlian bisa digunakan untuk menunjukan status sosial mereka.

Mungkin selama ini anda haya melihat berlian dalam sebuah perhiasan seperti cincin berlian, kalung berlian, dan sebagainya, yang tentunya memiliki ukuran kecil. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui 10 perhiasan berlian terbesar didunia yang pernah ditemukan.

Sudah penasaran? Berikut kami sajikan ulasanya.

  • Black Carbonado

Sesuai dengan namanya, berlian satu ini memiki tamilan warna hitam yang berasal dari negara Brazil. Ingin tahu sebesar apa berlian Black Carbonado ini? Karat berlian Carbonado ini mencapai 3167k, ditemukan pada tahun 1893, dan termasuk kedalam golongan berlian langka.

Meskipun warnanya hitam, ini adalah berlian asli, bahkan komposisi yang ada pada perhiasan berlian satu ini sama dengan berlian putih pada umumnya. Terkiat dengan Black Carbonado, beberapa informasi yang berkembang masih simpang siur.

Beberapa peneliti masih belum bisa menentukan dari mana asal Black Carbonado, namun beberapa orang memiliki kepercayaan bahwa berlian ini berasal dari luar bumi, yaitu pecahan dari batu meteor.

  • Cullian Diamond

Ini adalah sbeuah berlian yang ditemukan di tahun 1905 di Afrika Selatan yang memiliki berat mencapai 3.106.75 karat. Ini adalah sebuah berlian bermata kasar paling besar yang pernah ditemukan.

Berlian ini dinamakan Cullian karena pemilik tambang yang menemukannya adalah Thomas Cullian, meski pada saat itu ditemukan oleh seorang pengawas yang sedang bekerja. Nama berlian Cullian mungkin sudah tidak asing, karena memang pada akhirnya perhiasan ini dihadiahkan kepada Raja Inggris Edward VII.

Selanjutnya perhiasan ini diolah untuk menjadi perhiasan di Amsterdam, dan dipotong kedalam 9 bagian. Salah satu bagian dari berlian ini akhirnya diberi nama Star of Afrika yang biasa disebut Cullin I, bagian potong yang ukurannya paling besar dari lainnya.

  • Exclesior Diamond

Ini adalah sebuah perhiasan berlian yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1893 dan memiliki 995,20 karat. Uniknya berlian ini memilik dua warna yaitu biru dan putih. Pada saat ditemukan memang hanya ada satu bongkahan, namun kemudian di potong kedalam beberapa bagian.

  • Star of Seirra Leone

Dan penemuan perhiasan berlian paling besar didunia yang selanjutnya terjadi pada tahun 1972, dan pada saat itu langsung di beli seseorang. Berlian ini memiliki 969 karat, ukuranya yang esar membuat berlian ini harus dipotong kedalam beberapa bagian, bahkan mencapai 17 bagian.

Potongan ke 17 perhiasan berlian ini sangat sempurna, bahkan beberapa potongan jika disatukan akan membentuk sebuah perhiasan yang snagat istimewa. Beberapa pengamat perhiasan sekarang ini biasanya menyebutnya sebagai Star of Sierra Leone.

  • Incoprable Diamond

Penemuan perhiasan berlian yang cukup menghebohkan ini terjadi setelah Star of Seirra Leone, yaitu pada tahun 1989. Uniknya berlian yang memiliki 890 karat ini ditemukan oleh seorang anak perempuan di tumpukn puing-puing.

Anak itu selanjutnya menyerahkan kepada pamannya untuk dijual. Seorang penjual berlian akhirnya berminat dengan perhiasan tersebut, dan akhirnya dipotong kedalam beberapa bagian. Beberapa bagian potongan berhasil menjadi perhiasan berlian yang snagat indah dengan bentuk segitiganya.

  • Milennium Star

Seperti yang kita ketahui, Afrika selatan menyumbang angka yang cukup besar sebagai indutri tambang perhiasan berlian. Pada tahun 1905 di Afrika Selatan pernah ditemukan sebuah berlian bernama Cullian, dan pada tahun 1990 kembali Afrika Selatan digegerkan dengan penemuan sebuah berlian dengan karat mencapai 777 karat.

Republik Kongo adalah negara yang menemukan berlian bernama Milenium Star ini. Penemunya sendiri adalah De Beeers Group, yang pada saat itu di control oleh seorang penjelajah Inggris bernama Cecil Rhodes.

  • The Woyie River

Lagi-lagi Afrika selatan menemukan sebuah berlian dengan ukurn yang cukup besar, dan berlian tersebut dinamai sama seperti lokasi tambang. Tidak ada informasi pasti kapan berlian dengan 770 karat ini ditemukan, namun The Woyie River diperkenalkan pada tahun 1945.

Pada saat itu, perhiasan berlian ini selanjutnya dipotong kedalam 30 bagian. dan 30 potongan tersebut diberi nama The Blood Diamond karena penjualannya digunakan untuk membantu pendanaan militer di Sierra Leone.

  • The Golden Jubilee

Berlian bernama The Golden Jubille ini juga ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1985. Untuk dioleh menjadi perhiasan berlian, selanjutnya perhiasan ini dipotong oleh Gabriel Tolkowsky yang sebelumnya juga pernah memotong beberapa berlian dengan ukuran besar.

The Golden Jubbilee juga biasa disebut sebagai The Unnamed Brown karena warna yang ada pada perhiasan berlian ini adalah coklat. Selanjutnya pada tahun 1997 berlian ini diberikan kepada Raja Thailand sebagai perayaan penggunaan mahkota yang mencapai 50 tahun.

  • The Vargas

Perhiasan berlian paling besar didunia yang selanjutnya adalah The Vargas yang memiliki 726,6 karat. Pemberian nama The Vargas karena pada saat itu Brazil sedang dipimpin oleh seorang presiden dengan nama Getulio Dornelles Vargas.

perhiasan berlian paling besar ke sembilan ini ditemukan pada tahun 1938 oleh dua orang bernama Manuel Domingues dan Joaquim Venancio Tiago yang secara tidak sengaja pada saat melakuan perjalanan menuju Amsterdam.

Berlian ini selanjutnya dibeli oleh sebuah perusahaan, dan dipotong kedalam 29 bagian kecil. Dari ke 29 potongan ini ada ukuran yang paling besar dengan 44,17 karat yang dipotong oleh Harry Wiinston.

  • The Jonker

Dan berlian paling besar yang terakhir adalah The Jonker, ditemukan pada tahun 1934 oleh seorang bernama Johannes Jacobs yang bekerja pada tambang Elandsfontein. Beberapa orang percaya bahwa berlian ini memiliki ukuran sampai 726 karat dan dipotong kedalam 13 bagian.

Dan bagian paling besar dinamai The Jonker 1 dimana potongan berlian ini memiliki ukuran mencapai 142,9 karat.

Berikut kesepuluh berlian paling besar didunia yang pernah ditemukan di berbagai negara. Meskipun ukuran bukan menjadi salah satu nilai yang menentukan mahalnya perhiasan berlian, namun tetap saja ukuran yang tidak lazim ini sempat menggegerkan dunia.

Recent Posts
bottom of page