top of page

Mencaritahu Seluk Beluk Harga Batu Berlian Asli di Pasaran Sekarang


Harga batu berlian di pasaran sekarang tentu dipengaruhi oleh faktor kualitas dan kuantitasnya. Faktor kualitasnya dapat diketahui dari kadar karatnya. Semakin tinggi kadar karatnya maka semakin bagus kualitas batu berlian tersebut. Sementara untuk faktor kuantitasnya, bisa diketahui dari bobot atau berat yang biasanya dalam satuan per gram. Jadi, semakin berat maka ukuran per gramnya semakin tinggi, sehingga harganya juga makin melonjak tinggi. Nah, harga berlian di pasaran juga tidak menutup kemungkinan dipengaruhi oleh ketersediaannya. Hal itu dikarenakan bukan tidak mungkin ada jenis berlian langka yang masih diperjualbelikan di pasaran. Jika benar-benar ada, sudah pasti harganya sangat mahal. Faktor ketersediaan atau kelangkaan juga berperan menjadikan sebuah batu berlian dibandrol dengan nominal sangat tinggi. Apalagi jika berlian tersebut sudah dikombinasikan menjadi perhiasan berlian secara utuh. Perhiasan itu sendiri juga berkualitas bagus dilihat dari bahan dasar yang digunakan, model, serta desainnya. Dengan demikian, sebuah perhiasan berlian yang berkualitas terbaik hadir di tengah-tengah masyarakat untuk segera dimiliki oleh siapa saja yang mau menebus harganya.

Sudah menjadi image di tengah masyarakat bahwa harga batu berlian yang asli dan berkualitas bagus itu harganya mahal. Oleh karena itu, jangan heran jika hanya sedikit orang yang mampu membelinya dengan kondisi seperti itu. Dengan kata lain, hanya orang kaya berduit banyak saja yang bisa membelinya. Sementara mereka yang hanya memiliki uang pas-pasan, hanya bisa melihatnya saja di etalase toko perhiasan. Namun demikian, secara umum setiap orang bisa membeli dan memiliki perhiasan berlian seperti yang diinginkannya. Hanya kualitasnya saja yang membedakan mana perhiasan berlian yang berkelas tinggi dan mana yang murahan. Pasalnya, disinyalir juga dijual yang berkualitas murahan dengan harga yang benar-benar murah. Secara fisik, memang perhiasannya sangat berkilau seperti aslinya, tetapi ternyata hanya imitasi saja.

Seluk beluk harga batu berlian yang perlu Anda ketahui

Hal pertama yang perlu Anda ketahui, yaitu harga berlian tidak tetap. Selain itu, harganya juga bervariasi dengan berbagai faktor pendukung. Pasalnya, sebuah berlian juga harus dilihat beberapa hal sebelum menentukan harga bandrolannya.

Padahal jika dilihat secara kasat mata, Anda mungkin melihatnya sama saja berlian yang dijualnya. Namun, pihak penjual tentu memiliki pandangan, pendapat, dan pertimbangan masing-masing. Anda pun sebagai konsumen silakan menanyakannya secara gamblang. Tentu saja bertanya kepada pihak yang profesional, sudah berpengalaman, dan kompeten di bidang ini. Pihak yang dimaksud adalah penjual sebagai pengelola atau pemilik sebuah toko perhiasan. Meskipun kenyataannya, tidak semua penjual perhiasan memiki atau mengelola sebuah toko. Ada juga yang hanya berdiri sendiri dengan hanya mengandalkan kemampuan pribadi dalam berpromosi, marketing, hingga menjual perhiasan berlian yang bersangkutan. Penjual seperti itu dapat menjual dari pintu ke pintu, sehingga mampu mengoptimalkan keuntungan yang didapatkannya.

Anda sebagai konsumen dan menginginkan perhiasan berlian untuk dibeli dan dimiliki tidak ada salahnya untuk berkonsultasi kepada penjual semacam itu. Bahkan, tidak menutup kemungkinan penjual tersebut bisa memberikan informasi yang lebih detail dan valid. Namun demikian, tetap Anda perlu berhati-hati agar tidak terjebak dengan oknum penjual penipu yang disinyalir berkeliaran di luar sana. Mereka juga bisa memberikan informasi tentang harga batu berlian, tetapi tidak dapat dipercaya.

Ada juga yang menarik dari harga batu berlian, yaitu bisa dibentuk menjadi sebuah kurva naik turun. Hal ini disebabkan harga berlian memang selalu fluktuatif seperti yang sudah sedikit diuraikan di atas. Tentu saja hal ini menjadi ketertarikan tersendiri dari bagi Anda sekalian yang ingin mempelajari atau mengadakan penelitian tentang berlian. Data-data tentang harga berlian perlu diketahui untuk dianalisis secara sederhana. Kegiatan riset seperti itu sebenarnya hanya bisa dilakukan orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang ini. Namun demikian, Anda pun juga bisa melakukannya. Misalnya, Anda mengumpulkan beberapa data atau informasi terkait harga dan seluk beluknya dari beberapa toko perhiasan yang dihubungi. Setelah mendapatkannya, Anda bisa segera menganalisisnya secara sederhana. Carilah harga yang paling murah dan paling mahal, berapa selisih nominalnya, dan jangan melupakan faktor-faktor yang membuatnya seperti itu.

Mencari harga batu berlian yang sesuai dengan budget atau keuangan masing-masing

Apakah ada harga berlian yang murah? Dalam arti, berlian yang benar-benar asli dan bukan palsu atau abal-abal. Jika Anda menanyakan hal tersebut, sudah pasti perlu menghubungi kepada penjualnya langsung, baik secara offline maupun online. Tidak menutup kemungkinan ada penjual yang dapat memberikan harga terbaik sekaligus terjangkau dari berlian yang dijualnya untuk sema orang. Jika tidak, penjual yang bersangkutan mungkin dapat membantu dengan mencarikan solusi praktis.

Anda sebagai konsumen harus lebih selektif dan harus bisa memilih perhiasan berlian yang benar-benar cocok untuk dibeli. Terutama dengan menengok harga batu berlian yang dibandrol oleh pihak penjualnya. Sudah seharusnya Anda menyesuaikan dengan budget keuangan masing-masing. Jadi, tak perlu ikut-ikutan orang lain.

Recent Posts
bottom of page